101 Vaksin Flu: Beda Flu & Common Cold + Tanya Jawab dengan Dokter

Hai! sudahkah anda vaksin flu? Iyaaaaa …. kamu, dan anak kamu. Ga cuma anak-anak, tapi dewasa juga lho.

*brb buka buku kesehatan Trah dia udah ngulang apa belum*

Seminggu belakangan aku berkesempatan untuk belajar sekaligus diingatkan kembali tentang “Kenapa Harus Vaksin’. Materi-materi yang aku akan sampaikan di bawah ini adalah hasil tanya jawab  bersama dr. Attila Dewanti, dokter anak di RS Brawijaya & RSAB Harapan Kita, lewat IG Live Streaming dengan tema ” Mitos & Fakta Vaksin Flu” & Blogger Event “Happy Kids No Flu Worries”.

Anywayyy sebelumnyaaaa dan yang penting juga adalah … kemampuan kita membedakan apa itu Flu dan Common Cold (pilek). Karena emang mirip-mirip cyinn, gejalanya hampir sama karena keduanya adalah penyakit saluran napas. Flu adalah penyakit pernapasan yang menular dan disebabkan oleh virus influenza, dapat menginfeksi hidung, tenggorokan dan paru-paru.

Hati-hati! Flu tidak sama dengan pilek
Perbedaan flu dengan pilek (common cold)

Ini juga aku ternyata masih salah-salah kemarin-kemarin, flu bahaya kalo sampe komplikasi makanya Trah sampe sempet kena Broncopneumonia dan dirawat.

Baca : Trah kena Broncopneumonia

 

101 Vaksin Influenza

Apa itu vaksin flu ?

Vaksin Flu adalah jenis vaksin hidup dimana diproses dari kuman yang dilemahkan dan dimasukkan ke dalam tubuh untuk merangsang kekebalan tubuh dengan baik. Jadi aman, yaaaa.

Apa sih dampak vaksin? Ada dampak negatif ga?

Dampak tubuh kalo dimasukan vaksin, imunitas sel akan bekerja. Jadi beberapa waktu kemudian (ingat ga langsung dan instan ya) tubuh akan kebal terhadap penyakit tertentu. Ketika sistem kekebalan siap, virus yang masuk menginfeksi tubuh bisa dinetralkan, dikenali atau dihancurkan sebelum ia berbiak. Masih bisa kena penyakit, tapi lebih kuat. Karena kita ga akan tahu virus atau bakteri yang menyerang tubuh bisa ‘seganas’ apa.

IMG_3642
Efek samping flu 

Dampak negatif? biasanya tergantung dengan kondisi tubuh saat dilakukan vaksinasi. Ada beberapa vaksin yang memiliki efek demam ringan, tangan bengkak, mual, pusing, dan muntah. Hal tersebut terjadi karena tubuh akan merespon seolah-olah terjadi infeksi. Namun untuk Vaksin Flu jarang sekali ada efek samping.

Vaksin harus dalam keadaan tubuh sehat ya supaya bisa bekerja optimal.

Siapa yang harus vaksin flu? 

  • Saat anak sudah usia 6 bulan ke atas dan diulang setiap tahunnya. (iya sampe dewasa ya, bahkan sampe tua juga lho)
  • Orang yang hendak berpergian jauh (pesawat, airport, tempat dimana banyak orang adalah tempat berkumpulnya virus)
  • Petugas layanan medis (karena tiap hari ketemu sama orang yang sedang sakit yhaa)
  • Bagi yang memiliki kondisi medis tertentu yang perlu menghindari penyakit flu
  • Ibu Rumah Tangga, pengasuh balita yang sering berhubungan dengan anak.

Virus, bakteri dan polusi yang makin hari makin bermutasi jadi macem-macem, kita perlu membentengi diri dengan kekebalan tubuh.

Ibu Hamil Boleh Vaksin Flu?

Boleh, dan menyusui juga boleh. Justru baik jadi mencegah penularan ke bayi atau anak yang sistem kekebalannya masih perlu terbangun atau sedang dibentuk.

Dimana bisa tertular vaksin? Virus Flu bertahan berapa lama? 

Virus flu dapat bertahan selama 2×24 jam. Apalagi di area-area dimana akan ada banyak sekali orang-orang, virus ini bisa bertahan dan bisa kena lewat sentuhan atau dari udara, seperti : mall, sekolah, RS. Anak-anak rentan banget kena karena dalam anak anak menyentuh sesuatu 300x dalam 30 menit.

Jadi kalo misal sedang flu, alangkah sebaiknya istirahat di rumah aja. Anak juga kalo lagi flu jangan dibawa masuk sekolah yaaa… kasian nanti bisa nularin yang lain. Seseorang dapat menginfeksi orang lain 1 hari sebelum gejala berkembang dan hingga 5-7 hari setelah benar-benar sakit. Jadi baru sembuh pun bisa tetep nularin lho hehehe…

Cara Stop Penyebaran & Pencegahan Flu

IMG_3637.jpg
Tindakan menyetop penyebaran flu 

Selain itu ya kalo bersin ditutup, misal ga bawa masker atau tissue, pake lengan jangan pake telapak tangan. Rajin cuci tangan juga. Bersihkan area sekeliling sebelum dipakai (misal kalo masuk ke resto, kita lap lagi aja dulu hehe.. begitupun kalo di airport *jadi inget Naomi Campbell masuk pesawat bisnis juga dibersihin sendiri cyin XD*

Selain itu… vaksin flu yaaahh buibukkk pakbapakkkkk. Paling ga setahun sekali. Banyak manfaatnya kokkkk…. aku udah pernah banget ngeliat Trah pneumonia. Aku juga pernah berminggu-minggu down ga bisa beraktivitas karena flu berat sampe masuk UGD dan ga bisa jalan (flu terberat aku selama hidup)

IMG_3638.jpg
Keuntungan vaksin flu 

Udah Vaksin Flu Kok Masih Pilek? 

Yak, kembali ke paragraf awal ya… kalo pilek-pilek ya masih bisa kena kan itu common cold. Ini mitos & fakta flu. Nah saat vaksin, pilih yang strain 4 ya karena strainnya lebih lengkap dan lebih baik

IMG_3641.jpg
Mitos VS Fakta Flu 

Namun dengan perlindungan ini bisa mencegah flu berat dan  mencegah komplikasi. Pasti ga ada yang mau sakit, tapi bagaimana kita bisa mencegah diri dengan memberikan kekebalan yang baik pada tubuh itu penting.

Harga Vaksin Flu 

Beragam di setiap area dan tergantung strainnya, biaya sekitar 200 – 500an.

What a delightful week! Senang juga karena di acara ini aku bisa ketemu ama geng @buibuksocmed, Namira Monda, Titiw, Dini, Andhine, Urry, Kak Nad! Gils udah lama banget ga ketemu buibuk iniiiii. Jadi foto-foto kan kitah hahaha

34ad451f-52d1-40ed-aaa7-b464183c838f.JPG
Gadsam 2019 :))))  (Kak Nad, Dini, Aku, Amih, Titiw, Andhine, Urry) 
e4db0ea4-84f7-4634-891d-291db17fe8c3.JPG
bareng dr Atilla 

Akhir kata, kita memang ga akan bisa ngatur virus… tapi yang bisa kita cegah adalah membentengi diri dengan perlindungan & kekebalan yang maksimal. Pola hidup sehat dan juga vaksin penting karena kita mempersiapkan diri dan juga anak untuk kehidupan di luar rumah dengan beragam kejutannya.

Kalo ada info harga vaksin flu di daerah atau RS masing-masing, boleh bantu infokan di kolom komen supaya bisa membantu pembaca lainnya.

Terima kasih atas undangannya @KenapaHarusVaksin & @theAsianparent

Stay healthy!

IMG_6523